Senin, 07 Mei 2012

PENDIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM


A.                Pengertian Pendidik
Menurut Al-Aziz pendidik adalah orang yang bertanggung jawab dalam menginternalisasaikan nilai-nilai religius dan berupaya menciptakan individu yang memiliki pola pikir ilmiyah dan pribadi yang sempurna.
Moh. Fadhil al-djamali menybutkan bahwa orang yang mengarahkan manusia kepada hidup yang baik sehingga terangkat derrajat kemanusianya sesuai dengan kemampuan dasar yang dimiliki oleh manusia.
            Pendidik juga orang dewasa yang bertanggung jawab kepada peserta didik dalam perkembangan jasmani dan rohaninya agar mampu mandiri, berdiri sendiri dan mamou melaksanakan tugas sebagi makhluk social dan individu.

B.                 Jenis-jenis Pendidik dalam Islam
Dalam konteks pendidikan islam “pendidik” sering disebut dengan murabbi, mu’allim, mu’addin, mudarris, dan mursyid. Kelima istilah tersebut mempunyai tempat tersendiri dan tugas masing-masing.
            Murabbi berasal dari kata rabba, yurabbi yang artinya memelihara dan memperbaiki. Murabbi ialah orang yang mendidik dan menyiapkan peserta didik agar mampu berkeasi serta mampu mengatur dan memelihara hasil karya nya bagi masyarakat dan alam sekitar.
            Mu’allim ialah orang yang mampu menguasai ilmu dan mampu mengembangkan serta menjelaskan fungsinya dalam kehiduppan, serta melakukan transfer ilmu pengetahuan.
            Mudarris yaitu orang yang memiliki kepekaan intelektual dan informasi serta memperbarui pengetahuan dan keahlian secara berkelanjutan, dan berusaha mencerdaskan peserta didiknya, memberantas kebodohan mereka, serta melatih ketrampilan sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya.
            Mu’addib ialah orang yang mampu menyiapkan peserta didik untuk dapat bertanggungjawab dalam pengembangan peradaban yang berkualitas dimasa depan.

C.                Keutamaan Pendidik
Keutamaan profesi pendidik sangatlah besar, sehingga Allah menjadikannya sebagai tugas yang diemban rasulullah saw yakni membacakan kepada mereka ayat-ayat Allah, membersihkan jiwa mereka, dan mengajarkan kepada mereka Al-Kitab dan Al-Hikmah bagi orang-orang yang beriman.
Pendidik dalam ajaran islam sangatlah dihargai kedudukannya. Hal ini digambarkan bahwa orang yang memiliki ilmu pengetahuan dapat mengantarkan manusia untuk selalu berfikir, memberikan pembinaan akhlak mulia untuk semakin dekat dengan Allah dan meluruskan perilaku yang buruk.

D.                Tugas dan Tanggung Jawab Pendidik
Keutamaan seorang pendidik disebabkan oleh tugas mulia yang diembannya. Tugas yang diemban seorang guru hampir sama dengan tugas seorang rasul. Allah telah mengisyaraatkan peran para Nabi dalam mendidikan ialah mengajarkan Al-Kitab, Hikmah, dan menyucikan diri sebagaimana difirmankan oleh Allah, yang Artinya  “Tidak wajar bagi seseorang manusia yang Allah berikan kepadanya Al Kitab, Hikmah dan kenabian, lalu Dia berkata kepada manusia: "Hendaklah kamu menjadi penyembah-penyembahku bukan penyembah Allah." akan tetapi (dia berkata): "Hendaklah kamu menjadi orang-orang rabbani, karena kamu selalu mengajarkan Al kitab dan disebabkan kamu tetap mempelajarinya.”
Menurut Al-Ghazali tugas pendidik yang utama ialah menyempurnakan, membersihkan, menyucikan hati manusia untuk mendekatkan diri kepada Allah.

E.                 Hak-hak Pendidik
Secara umum hak utama seorang pendidik harus memperoleh perhatian dari pemertintah, yaitu perhatian untuk mendapatkan penghasilan dan kesejahteraan dengan standar upah yang layak untuk kehidupan. Itulah langkah yang tepat untuk meningkatkan mutu pendidika dan tenaga kependidikan.
Hak-hak yang harus diperoleh untuk  pendidik dan tenaga kependidikan, ialah sebagai berikut:
1.      mendapatkan penghasilan dan jaminan kesejahteraan social.
2.      mendapatkan penghargaan sesuai dengan tugas dan prestasi karyanya.
3.      mendapatkan pembinaan karier sesuai dengan tuntutan pengembangan kualitas.
4.      mendapatkan perlindungan hukum dalam melaksanakan tugas dan hasil kekayaan intelektual.
5.      mendapatkan kesempatan untuk menggunakan sarana dan prasarana fasilitas untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugasnya.

F.                 Kode Etik Pendidik
Agar seorang guru dapat menjalankan tuganya sebagai seorang pendidik harus memiliki suatu kode etik dalam kegiatan belajar dan mengajar.
Al-Kanani (w 733H) mengemukakan kode etik seorang pendidik ada 3 macam, yaitu:
1)      Kode Etik yang berkenaan dengan dirinya sendiri
2)      Kode Etik yang berkenaan dengan pelajaran
3)      Kode Etik yang berkenaan dengan murudnya
yang pertama yang berkenaan dengan dirinya sendir,
a.       Setiap pendidik harus memiliki sikap rabbani dengan keikhlasan serta sabar ketika mengajarkan ilmunya
b.      Guru hendaknya senantiasa insyaf akan pengawasan Allah trhadapny adalam segala perkataan dan perbuatan
c.       Guru hendaknya memelihara akhlak yang mulia dan menghindari dari  akhlak yang buruk dalam pergaulannya
d.      Hendaknya guru rajin meneliti, menyusun dan mengarang dengan memperhatikan keterampilan dan keahlian yang dibutuhkan
Yang kedua, berkenaan dengan pelajaran, diantaranya:
a.       Hendakny guu bersikap bijak dalam melakukan pembahasan, menyampaikan pelajaran dan menjawab pertanyaan muridnya
b.      Sebelum keluar rumah dan akan pergi untuk mengajar guru hendaknya mengenakan pakaian yang baik dan rapi
c.       Selalu menjaga ketertiban suasana dengan mengarahkan pembahasan pada objek tertentu
Dan yang ketiga, kode etik guru ditengah-tengah muridnya, yaitu
a.       Dapat memotivasi murid untuk selalu ingin tahu dalam belajar yang dapat menjadikan murid itu berfikir mencaari ilmu / wawasan yang luas diluar sana.
b.      Dalam menyampaikan pelajaran guru hendaknyamenggunakan bahasa yang mudah difahami dan di tangkap oleh para peserta didiknya.
c.       Melakukan evaluasi disetiap akhir kegiatan belajar dan mengajar yang sedang dilakukannya.

1 komentar:

Dhea Shafira mengatakan...

Bang ada referensinya?

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money